Cara Submit Blog ke Google Webmaster


Cara Submit Blog ke Google Webmaster – Submit blog ke search engine seperti google, yahoo, bing dan lain – lain adalah sangat penting. Karena search engine merupakan kunci utama dalam menjaring pengunjung untuk datang ke blog kita. Dengan terindeksnya blog di search engine akan memudahkankenaikan trafifik blog kita dan tentu saja cara ini merupakan salah satu trik SEO juga. Jadi, anda harus melakukan submit blog anda ke search engine – search engine yang memiliki fasilitas submit semacam google atau bing.com.

Mungkin diantara anda ada yang belum mengetahui manfaat dari submit blog ke google webmaster. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dari submit blog ke google webmaster.
  1. Search engine google menjelajahi halaman web atau blog kita sehingga memiliki akses ke situs.
  2. Google dapat menemukan link eksternal yang menunjuk ke website Anda dari situs lain.
  3. Kita dapat dengan mudah mempelajari kata kunci apa saja yang dicari pengunjung dan peringkat untuk kata kunci tersebut.
Nah, untuk Cara Submit Blog ke Google Webmaster anda dapat mengikuti tutorial berikut ini. Namun, sebelum anda melakukan submit sebaiknya anda mempersiapkan sebuah akun gmail. Karena layanan google webmaster merupakan salah satu layanan milik google, demikian juga dengan gmail. Jika anda belum memiliki akun gmail, anda dapat membuatnya dengan mengikuti panduan cara membuat akun gmail. Jika Anda sudah mempunyainya, anda dapat melanjutkan tutorial cara submit blog ke googlw webmaster berikut ini.
  1. Login ke Google Webmaster Tools dengan akun gmail anda
  2. Klik pada tombol Tambah situs ( Add a site ), masukkanlah alamat situs web Anda. Misal : www.namabloganda.com untuk prngguna blogspot tinggal pilih blog yang akan di verifikasi aja.
  3. Pada halaman berikutnya, sebagai verifikasi anda akan ditanya apakah situs itu adalah milik anda. Untuk metode verifikasi, pilih Meta tag dan kopi kode providednya.
  4. Dalam hal ini saya contohkan untuk Blogger.com (wordpress juga bisa), » Login ke blogger » pilih blog yang mau di verifikasi » klik rancangan » Edit HTML » Cari Kode “<head>” » dan masukan code verifikasi yang tersedia di “Add a meta tag to your site's home page” tepat dibawah code “<head>” atau tepat sebelum code “</head>
Yaitu kode ini
<meta name="google-site-verification" content="Zd8yZOd3S2EPHyGwZXqcIWRhblRKt6IqB8AJCUDgYYI" />
Ganti yang berwarna merah dengan id anda

Save
Kembali Ke Google Webmaster Tools untuk melakukan Verifikasi Blog Anda.

4 komentar: