Meta Tag: Google Webmasters Tool

Meta Tag: Google Webmasters Tool | Google Webmasters Tool
Bagi kebanyakan blog baru, apalagi bagi yang benar-benar masih awam tentang bagaimana supaya blog baru tersebut bisa dengan cepat terindeks oleh mesin Google. Banyak cara sebenarnya yang bisa dilakukan supaya blog baru tersebut nantinya bisa di perhitungkan oleh mesin super Canggih, Google.

Salah satu cara yang saya maksudkan adalah dengan mendaftarkan blog baru tersebut pada Google webmasters tool. Selain blog baru kita bisa dengan cepat terindeks pada posisi teratas dalam daftar Favorit mesin canggih Google. Kita juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya dari layanan Google webmasters tool ini.

Google Webmasters Tool


Google Webmasters Tool adalah Layanan untuk mempercepat terindeksnya seluruh isi Blog kita pada mesin search engine. Dan tidak hanya fasilitas tersebut saja yang disediakan oleh Google Webmasters Tool. Layanan lainnya yang disediakan antara lain, bagaimana cara Google menganalisa isi konten, analisa nilai statistik blog, daftar link masuk dan keluar dari blog, analisa feed blog.

Dengan banyaknya keuntungan yang disediakan Google Webmasters Tool tersebut, sudah seharusnya kita mendaftarkan URL blog yang kita miliki. Dilihat lagi jika saat ini Google sudah merupakan salah satu Maskot yang tidak boleh dipandang sebelah mata.

Dan tahukah, jika Layanan dari Google ini tidak harus menguras isi kantong kita. Alias Free. Jadi tidak salah jika kita harus memiliki Account di Google Webmaster Tool.

Langkah Pendaftaran di Google Webmaster Tool

Dengan Account Google yang sudah Anda miliki silahkan Login ke Google Webmasters Tool. Setelah Anda masuk ke halaman berikutnya, yaitu halaman Dashboard. Klik ‘Tambahkan Situs’. Masukkan nama blog yang Anda miliki pada kolom yang telah tersedia. Ingat, hanya nama blog tanpa ada embel-embel HTTP atau WWW.
Meta Tag: Google Webmasters Tool
Agar nantinya blog Anda terverivikasi, silahkan terlebih dahulu masuk ke dalam Account blog Anda. Pasang kode ‘Meta Tag’ yang telah Anda dapatkan setelah menambahkan blog Anda di Google Webmaster Tool.

Meta Tag’ harus di pasang dalam halaman Blog Anda dengan posisi dibawah kode atau diatas kode . Untuk contoh yang saya pergunanakan adalah tampilan dengan menggunakan blog dari Account Blogspot. Pada halaman ‘Tata Letak’ --> EDIT HTML, Anda bisa menambahkan kode ‘Meta Tag’ yang telah Google Webmaster Tool sediakan. Setelah itu jangan lupa untuk di save.
google Webmasters Tool

Kenapa harus mendaftar?

Setelah menambahkan ‘Meta Tag’ ke dalam halaman blog Anda, jangan lupa untuk mem-verifikasi blog kepunyaan Anda tersebut. Klik ‘Verify’ pada halaman Google Webmasters Tool.

Fungsi dari Verifikasi sendiri adalah untuk meng-klaim bahwa blog yang telah Anda daftarkan tadi benar-benar kepunyaan Anda, selaku pemilik blog yang sah.

Masih pada halaman Google Webmasters Tool, jangan lupa Anda menambahkan Feed dari blog Anda. Contoh Feed biasanya seperti ini: ‘http://nama blog Anda/atom.xml'. Ubah atom.xml menjadi atom.xml?redirect=false. Fungsinya, agar Google Webmasters Tool dapat menganalisa tentang blog Anda tersebut.

Dalam tempo 1 x 24 jam setelah, setelah Google menganalisa keberadaan blog Anda. Maka kita bisa mengetahui peringkat keyword kita dalam google search engine.

Hukum ini wajib dilakukan bagi pemilik blog. Jadi bagi teman-teman yang belum mendaftarkan blognya, silahkan ikuti langkah-langkah diatas sebagai pedoman.

Happy blogging!

1 komentar: